Jumat, 23 Juni 2017

Cara Menulis Yang Baik dan Benar

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat datang di Izzah-rahma Blog. Hai, Sobat! Bagaimana kabarnya hari ini? Moga baik, ya. Sebelumnya kita sudah bahas, bagaimana cara menghasilkan melalui tulisan. Nah, untuk proses menghasilkan itu sendiri dibutuhkan kemampuan menulis.

"Terus, gimana caranya nulis yang baik, mbak?"


Saya juga nggak tahu, Sob. Hehehe. Tapi, jangan khawatir. Nanti, kita akan belajar bareng-bareng.

Pada dasarnya, tulisan yang baik adalah tulisan yang membuat orang lain nyaman saat membacanya. Nyaman itu sendiri menurut saya dibagi menjadi 2, nyaman karena tulisan itu baik, dan nyaman karena tulisan itu benar.

Oke, nggak usah banyak bicara, langsung saja kita mulai pembahasannya.

Inilah beberapa kriteria tulisan yang baik.

1. Tulisan yang ditulis dengan hati.


"Nulis kok pakai hati, gimana, sih?"


Hehehe, iya maksud saya bukan seperti itu. Menulis dengan hati maksudnya, menulis dengan perasaan. Bukan menulis  asal-asalan. Mendatangkan perasaan saat menulis sangat sulit untuk dilakukan. Butuh suasana yang mendukung.

Tulisan yang ditulis dengan perasaan, akan terasa nyaman saat dibaca. Sebab, penulis menuangkan seluruh perasaan dan emosinya dalam sebuah tulisan. Hal ini juga dibutuhkan dalam tulisan yang baik.

2. Tulisan yang kalimatnya efektif dan tidak bertele-tele.


"Kalimat efektif itu bagaimana, sih?"


Menurut sumber terpercaya saya, tahu 'kan? Si Google, dan beberapa buku yang pernah saya baca, bahwa kalimat efektif adalah kalimat yang pemilihan katanya tepat, baik ejaan maupun tanda bacanya. Begitupun dengan susunan kalimatnya.

Nah, selain itu kalimat yang digunakan juga jangan bertele-tele. Artinya, jangan menggunakan kalimat yang tidak diperlukan atau memiliki arti yang sama.

Contoh        : Para ibu-ibu rumah tangga sedang berkumpul bersama untuk arisan di rumah Bu Ani.
Seharusnya: Para ibu rumah tangga sedang berkumpul di rumah Bu Ani untuk arisan.

3. Tulisan yang baik selalu membawa pembaca larut di dalamnya.


Yaps, yang terakhir adalah membuat tulisan yang bisa mengajak pembaca larut di dalamnya. Tulisan yang terasa mengalir saat dibaca, dan membuat pembaca terikat dengan tulisan tersebut, sehingga membacanya sampai akhir.

Dengan begitu, pembaca akan merasakan kesan tersendiri ketika membaca tulisan kita. Sehingga ada keinginan untuk terus-menerus membacanya.

Kriteria tulisan yang baik sudah kita bahas bersama-sama. Sekarang kita akan bahas, bagaimana, sih, tulisan yang benar? Oke, lanjut!

1. Tulisan dengan ejaan dan tanda baca yang tepat.

Saya yakin, nggak ada penulis yang sempurna. Penulis sehebat apapun pasti pernah melakukan kesalahan dalam ejaan ataupun tanda baca. Buktinya, beberapa novel karya penulis ternama yang pernah saya baca sekalipun, pasti ada yang typo. Karena memang dasarnya karya manusia tidak ada yang sempurna. Begitupun dengan artikel ini yang bahkan ditulis oleh blogger amatiran, pasti sangat jauh dari kata sempurna.

Pembaca akan merasa nyaman saat membaca tulisan yang penggunaan ejaan dan tanda bacanya tepat, nyaris tanpa typo. Walaupun nggak ada yang sempurna, okelah kalau kita mencoba untuk sempurna.

2.  Tulisan dengan struktur kalimat yang benar.

Tulisan yang benar, hendaknya ditulis dengan struktur kalimat yang benar juga. Supaya pembaca tidak bingung saat membaca tulisan kita.

"Bagaimana struktur kalimat yang benar?"


Struktur kalimat yang benar adalah struktur kalimat dengan susunan katanya yang runtut dan tidak 'mbuleti', dalam bahasa jawanya. Jadi, pembaca akan dengan mudah mengerti apa yang kalian tuliskan jika struktur kalimatnya benar.

3. Tulisan yang benar, pasti berasal dari sumber yang benar juga.

Memang betul, tulisan yang benar berasal dari sumber yang benar juga. Kalau sumbernya salah, berarti itu tulisan atau informasi yang hoax. Tahu hoax 'kan? Anak gaul seperti kalian, masa nggak tahu?

Jika kita menulis informasi dari sumber yang salah, otomatis pembaca tak akan mau lagi membaca tulisan kita. Mengapa harus membaca tulisan hoax, jika ada yang fakta? Maka dari itu, usahakan tulisan kita berasal dari sumber yang benar, ini juga untuk menarik kepercayaan pembaca.

Nah, kita sudah bahas, bagaimana seharusnya tulisan yang baik dan benar, sekarang ikuti langkah-langkah menulisnya. Lanjut, Sob!

1.Tetapkan niat dalam hati.

Walaupun sepele, tapi ini adalah kunci utama menulis. Sholat saja niat, masa nulis nggak? Jangan terburu-buru dengan waktu, menulis harus khusyu'.

Niatkan dalam hati, apa tujuanmu menulis. Lakukan semua yang terbaik, jika niatmu baik maka hasilnya juga akan baik. Karena segala amal perbuatan kita tergantung pada niat. Hehehe, ndalil ni, ye...

2. Tentukan topik.

Topik atau tema harus ditentukan terlebih dahulu sebelum kita menulis. Karena kalau nggak ada topik, tulisan kita nggak akan jelas arah tujuannya. Tentukan topik yang menarik dan kamu kuasai, sehinga kamu akan dengan mudah menuliskannya.

3. Carilah data pendukung.


"Apa itu data pendukung?"


Data pendukung bisa berupa fakta mengenai topik yang kamu bahas. Carilah data yang benar-benar akurat, supaya pembaca nggak tersesatkan oleh tulisanmu. Jika sumbernya terpercaya, maka pembaca tidak akan ragu-ragu membaca tulisan kalian hingga akhir.

4. Kembangkan topik menjadi paragraf yang menarik.

Setelah menentukan topik dan mencari data pendukung, sekarang kalian tinggal mengembangkannya menjadi beberapa paragraf yang padu. Ingat, harus ada ide pokok disetiap paragraf. Jangan sampai dalam satu paragraf, pembahasannya amburadul.

Setelah itu, padukan semua paragraf dalam satu bentuk tulisan yang menarik.

5. Merevisi tulisan kalian yang sudah jadi.

Bisa berbahaya jika tulisan kalian sudah jadi dan menarik, tapi masih banyak typo. Nah, sebelum tulisan itu dipublish, dikumpulkan, atau diproses lebih lanjut, maka kalian harus merevisi tulisan kalian.

Apakah sudah sesuai EYD, struktur kalimatnya sudah benar, atau ejaan dalam penulisannya sudah benar. Teliti seteliti mungkin sebelum tulisan kalian akan diproses lebih lanjut lagi.

6. Menulislah sekarang.

Percuma juga kalau sudah tahu cara menulis yang baik dan benar, tapi hanya ada di angan saja. Tuliskan semuanya sekarang. Tunggu apa lagi? Saya yakin,  kalian yang terdampar di blog ini, pasti punya ketertarikan dengan dunia tulis-menilis.

Saya juga yakin, kalian semua pasti bisa menulis. Kalau bisa membaca, mana mungkin tidak bisa menulis.

7. Kalian tambahkan sendiri...


Oke, itulah beberapa kriteria tulisan yang baik dan benar,  serta cara menulisnya. Semoga postingan kali ini bermanfaat.

Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sangat sederhana ini.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar