Selasa, 13 Juni 2017

Mengapa Harus Menulis

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”
― Pramoedya Ananta Toer, House of Glass

Selamat datang di Izzah-rahma Blog.
Pernahkah kalian berfikir, mengapa saya harus menulis? Mungkin pernah, saya sendiri sering berfikir seperti itu. Setelah membaca banyak buku, saya sering berfikir untuk menuliskannya. Mengapa? Karena seperti air dalam gelas yang sudah penuh, jika ingin mengisinya lagi kita harus menuangkan air itu dalam wadah lainnya. Begitupun  saat kita sudah memiliki banyak pengetahuan dan ingin mencai tahu, lagi, dan lagi. Maka, kita harus menuliskan apa yang kita tahu, supaya tidak lupa. Walaupun nggak harus, sih, tergantung kaliannya gimana?

Menulis itu sebenarnya nggak susah, kok. Asalkan kita punya ide akan menulis apa. Kalau kalian belum punya ide juga tidak masalah, tulis saja apapun yang ingin kalian tulis, nanti ide itu akan muncul dengan sendirinya.

Kembali ke topik awal, mengapa harus menulis? Ini dia beberapa alasannya.

1. Menulis untuk mengekspresikan diri.

Kalian tahu introvert? Katanya, introvert itu orang yang cenderung pendiam dan susah bergaul. Terkadang mereka juga kesulitan dalam mengekspresikan dirinya, karena itulah kepribadian mereka.  Tapi jangan khawatir untuk kalian yang introvert, karena ada alternatifnya. Yaps, dengan menulis. Kalian bisa mengungkapkan apa yang kalian rasakan melalui tulisan. Jujur, saya sendiri juga susah untuk mengungkapkan sesuatu, jadi menulis adalah salah satu alternatifnya.

2. Menulis sebagai sarana untuk berbagi.

Eitss, berbagi itu nggak harus dengan barang atau uang, loh! Dengan tulisan pun kita bisa berbagi, apapun itu asalkan yang positive, ya. Justru saat orang lain merasakan manfaat dari tulisan yang kita bagikan, disitulah terdapat kesenangan tersendiri. Kita pun akan merasa dihargai jika ada orang yang mau membaca tulisan kita. Jadi, nggak ada alasan untuk tidak berbagi, walaupun hanya sebatas tulisan.

3. Membantu untuk mengingat informasi.

Seperti yang sudah saya katakan diatas, ilmu itu akan hilang jika tidak diikat. Dan dengan apa kita mengikatnya? Tentu dengan tulisan, mana mungkin dengan tali. Setidaknya, itulah yang sering dikatakan oleh guru bahasa inggris saya. Bayangkan saja, sebanyak apapun informasi yang kita peroleh, tapi jika kita lupa, itu semua akan sia-sia. Karena, lupa adalah penyakit utama dalam mencari ilmu, maka dari itu menulislah.

4. Memperluas jaringan pertemanan.

Kalian tahu blog? Pasti tahu, karena  yang sedang kalian baca sekarang adalah artikel dalam blog saya. Tulisan yang dipublikasikan atau ditulis di blog akan muncul dalam mesin pencari google atau yang lainnya. Saat ada seorang pengunjung yang membaca artikel kalian dan tertarik dengan artikelnya, maka yang dicari tahu pertama kali pasti penulisnya. Nah, disinilah kesempatan kalian untuk memperluas jaringan pertemanan. Begitupun dengan seorang penulis, mereka atau mungkin kalian bisa berkumpul dengan sesama penulis dalam satu komunitas. Hal itu bisa memperluas jaringan pertemanan dan menambah pengetahuan.

5. Berinvestasi untuk masa depan.

Maksudnya? Kalian pernah dengar kalau kita bisa dapat uang dari tulisan? Mungkin ada yang pernah, ada juga yang belum. Ternyata, kita bisa dapat penghasilan dari menulis, loh. Bagaimana caranya? Nanti kita lanjut di postingan berikutnya. Yang pasti, menulis itu jangan karena uang, karena jika berambisi untuk menghasilkan uang, kita akan cepat bosan. Menulis itu harus dinikmati seperti air yang mengalir,  biarkan semua mengalir sebagaimana mestinya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang lagi bimbang antara mau menulis atau tidak. Ingat, terus menulis, ya, Sobat!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar