Minggu, 22 Januari 2017

Tips Sebelum Ujian

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Terkadang, ada beberapa orang yang bingung, apa yang harus saya lakukan sebelum ujian? Seolah pertanyaan itu adalah satu-satunya masalah besar yang harus mereka cari tahu jawabannya. Padahal, semakin lama kamu bingung, maka kamu akan membuang-buang waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk belajar. Yah, belajar. Belajar adalah jawabannya, dan tak ada jalan lain lagi.

Tapi tenang, kali ini saya akan beritahu tips belajar yang efektif. Dan insya Allah akan membantumu untuk persiapan ujian. Langsung aja, ini beberapa tipsnya:

1. Tetapkanlah niat dalam hati.

Yah, menurut saya yang paling utama adalah niat. Karena semua amal perbuatan itu tergantung pada niat. Niatlah yang baik, maka hasilnya akan baik. Niat utama karena semata-mata mengharap ridha Allah SWT, bukan karena paksaan dari siapapun.

2. Perhatikan dengan seksama saat guru menerangkan.

Saat kamu serius mendengarkan gurumu menerangkan, sedikit demi sedikit kamu akan paham dengan pelajaran itu. Berbeda saat kamu hanya bersenda gurau saat gurumu menerangkan. Bahkan, bisa jadi kamu tidak akan mengerti sama sekali. Justru, hal ini akan mempersulit dirimu saat ujian.

3. Jangan sekali-kali menganaktirikan suatu pelajaran.

Menganaktirikan pelajaran, artinya kamu mengesampingkan pelajaran itu daripada pelajaran yang lain. Jika melihat guru ataupun bukunya saja sudah bosan, bagaimana pelajaran itu bisa kamu pahami? Maka dari itu, cobalah untuk menyukai semua mata pelajaran.

4. Belajarlah dengan rutin.

Jangan hanya belajar saat akan menghadapi ujian. Justru, cara belajar yang seperti ini akan membuatmu stres. Belajarlah jauh-jauh hari sebelum ujian secara konsisten.

5. Biasakan mengulang pelajaran dipagi hari.

Ketika bangun tidur, fikiran masih fresh. Dan inilah waktu yang tepat untuk belajar. Sebaiknya, gunakanlah waktu ini untuk mengulang pelajaran sebelumnya, ini akan membantumu untuk memahaminya.

6. Percaya diri. 

Percuma semua usaha yang telah kamu lakukan, jika akhirnya kamu tetap menyontek. Berusahalah untuk jujur pada dirimu sendiri. Berkatalah bahwa, "aku pasti bisa!". Tentunya setelah berusaha sebaik-baiknya, dan jangan pernah takut menghadapi ujian. Justru, jadikan ujian sebagai sarana mengukur pemahamanmu tentang suatu pelajaran.

7. Tingkatkan frekuensi ibadah.

Usaha tanpa do'a itu sia-sia, begitupun sebaliknya. Mohonlah pertolongan kepada Allah supaya kamu diberi kelancaran. Tingkatkan ibadahmu pada-Nya, insya Allah itu akan sangat membantu.

Nah, itulah beberapa tips menghadapi ujian dari saya. Gunakanlah waktumu dengan bijak! Supaya kamu tak akan menyesal pada akhirnya.

Semoga bermanfaat. Semangat untuk kalian yang akan menghadapi ujian. Never give up!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar