Kamis, 08 Juni 2017

5 Manfaat Membaca

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat datang di Izzah-rahma Blog. Masih dalam topik yang sama, sebelumnya kita sudah bahas "Tips Meningkatkan Minat Baca". Kali ini kita akan bahas tentang manfaat membaca yang ternyata jarang diketahui banyak orang.

Mungkin sebagian orang enggan membahas topik ini, tapi tanpa kalian sadari kalian juga melakukannya. Buktinya, sekarang kalian lagi baca artikel ini. Membaca itu seribu guna, seperti pohon kelapa aja, ya. Nah, apa aja, sih, manfaatnya? Ikuti terus sampai ujung, ya, Sobat!

1. Membaca itu menambah pengetahuan.

Kalau yang satu ini, pasti kalian semua sudah tahu 'kan? Membaca adalah kegiatan yang mengajak kita untuk terus mencari tahu tentang suatu hal. Semakin banyak membaca, maka pengetahuan kita tentang suatu hal akan semakin bertambah juga. Membaca adalah kegiatan yang tidak akan pernah ada bosan-bosannya. Walaupun membaca bertumpuk-tumpuk buku pun kita tak akan bosan, karena semakin banyak membaca, makin penasaran.

2. Meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Di zaman yang canggih ini, kita selalu berkutat dengan teknologi, setiap saat. Seperti halnya smartphone, komputer, dan banyak teknologi lainnya yang selalu menarik kita untuk terus menggunakannya. Bahkan dalam waktu yang bersamaan. Hal itu mungkin akan menyebabkan stress dan menurunkan produktivitas.

Mengapa? Karena kita tidak terfokus pada satu hal saja. Nah, dengan membaca maka kita hanya akan terfokus pada apa yang kita baca, sehingga hal itu bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus. Luangkan setidaknya 5-10 menit untuk membaca sebelum kita beraktivitas.

3. Meningkatkan kemampuan menulis.

Membaca dan menulis adalah sesuatu yang saling berhubungan. Dengan membaca, kita akan menemukan banyak kosakata baru yang bisa kita tuangkan dalam tulisan. Tulisan sepanjang apapun tidak akan membosankan jika dikemas dengan menarik.

Nah, untuk itu, ayo perbanyak membaca untuk kalian yang ingin meningkatkan kualitas tulisan atau karangan kita.

4. Menjadi seorang yang kritis dan analitis.

Pernahkah kalian membaca novel misteri atau teka-teki dan kalian berhasil memecahkannya? Jika iya, maka kalian meletakkan pemikiran yang kritis dan analitis dalam penyelesaiannya. Karena dengan membaca kita diajak untuk terus mengikuti alur cerita hingga akhir, yang biasanya mengharuskan kita untuk memutar otak dua kali dalam penyelesaiannya.

Pemikiran ini juga berguna untuk menyelesaikan persoalan-persoalan di sekitar kita.

5. Memberikan ketenangan dan hiburan gratis.

Mungkin sebagian orang merasa pusing dan bosan jika harus berhadapan dengan buku. Namun, membaca justru membuat kita tenang, karena kita terfokus pada buku dan melupakan selain buku.

Selain itu, kita tidak perlu merogoh kocek untuk sebuah hiburan. Karena membaca pun adalah hiburan gratis bagi mereka ataupun kalian pecinta baca.

Nah, masih bosan baca? Pasti enggak. Karena tanpa kalian sadari, kalian sudah membaca artikel ini sampai ujung.

Oke, sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat untuk Sobat di luar sana.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar