Jumat, 20 Januari 2017

Kendalikan Emosimu!

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hai, sobat! Kembali lagi bersama saya di blog ini. Kali ini, saya akan berbagi tips untuk mengendalikan emosi. Mengapa emosi harus dikendalikan? Ya, harus. Emosi memanglah perasaan yang wajar jika dimiliki oleh seseorang ketika jengkel ataupun marah. Namun, jika berlebihan, bisa jadi masalah besar. Nah, maka dari itu kita harus bisa kendalikan emosi dalam diri kita.

Bagaimana caranya? Berikut beberapa cara yang bisa kita ambil:

1. Interopeksi diri.

Mengapa harus interopeksi diri? Dan apa penyebab kalian marah dan jengkel? Pada dasarnya, emosi tidak disebabkan oleh suatu kejadian atau peristiwa. Namun, lebih pada sikap kalian dalam menanggapi peristiwa itu. Jadi, kalian harus atasi semua masalah atau suatu peristiwa dengan kepala dingin, jangan pakai emosi.

2. Duduklah saat kalian sedang emosi.

Sebenarnya, ini adalah hal yang sepele. Namun, para ahli telah membuktikan bahwa dengan duduk saat sedang emosi, maka perlahan emosi itu akan berkurang. Sebab, secara perlahan kalian akan merasa tenang dan ruang gerak fisik terbatas. Jadi, kalo mau berantem sama teman, duduk aja, ya sobat! Biar nggak naik darah. Hehe, bercanda, kok. Lebih baik kan jangan berantem. Ok!

3. Minum air putih.

Menurut pakar kesehatan, air putih dapat mendinginkan kondisi tubuh yang sedang panas(naik darah). Tensi atau tekanan kemarahan akan berangsur-angsur turun dengan meminum air putih tersebut.

4. Sadari akibat dari emosi yang berlebihan.

Emosi (kemarahan) yang membabi buta dan tidak terkontrol akan sangat merugikan. Apalagi jika diikuti dengan perbuatan anarkis. Akan sangat merugikan diri sendiri dan orang lain. Bahkan, bisa mengganggu kesehatan. Jadi, belajar sabar aja, ya sobat!.

5. Lakukan kerja fisik yang bermanfaat.

Hendaknya, emosi itu bisa disalurkan dengan kegiatan yang bermanfaat. Semisal berolahraga. Dengan berolahraga, itu akan membuat tubuh kalian jadi lebih sehat. Dan berolahraga juga membantu kita untuk mengurangi kadar emosi yang tinggi.

6. Tuangkan kekesalan dalam bentuk tulisan.

Tidak ada salahnya jika kalian menyalurkan kekesalan, kejengkelan, ataupun kemarahan kalian dalam bentuk tulisan. Sebab, dengan cara ini kalian akan mengetahui penyebab kekesalan kalian. Dan itu bisa mengurangi beban fikiran yang menumpuk.

7. Marahlah secara wajar dan terkontrol.

Gunakanlah marah sebagai wahana untuk mengungkapkan tekanan atau beban batin yang menumpuk. Jangan gunakan kemarahan kalian sebagai ajang untuk menyakiti orang lain. Sampai-sampai semua orang kena marah.

Orang yang mampu mengendalikan emosinya dengan baik, dia akan mampu mengenali dirinya sendiri. Pada akhirnya, dapat mengerahkan serta mengaplikasikannya dalam bentuk kegiatan atau tingkah laku sehari-hari.

Nah, sekian tips dari saya. Tunggu tips-tips lainnya dipostingan berikutnya.See you....

Wassalamu'alaikum Wr. Wb



Tidak ada komentar:

Posting Komentar